Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
DILARANG PLAGIASI, BANGGALAH DENGAN KARYA SENDIRI
Source: Gettyimages

DILARANG PLAGIASI, BANGGALAH DENGAN KARYA SENDIRI

Pagi ini saya sangat bersedih hati. Menerima laporan adanya plagiasi. Ternyata ada gurusianer yang memosting tulisan di Gurusiana, tetapi bukan hasil karya sendiri.

Penulis memang memberi pengakuan bahwa itu bukan tulisan asli dia. Waktu memosting katanya juga sudah atas seizin penulisnya. Tapi, tetap saja yang seperti itu nggak bisa dimasukkan dalam Tantangan 30 Hari Menulis di Gurusiana. 

Sebab #TantanganGurusiana itu dibuat agar memaksa kita semua rutin berkarya. Setiap hari menulis, tanpa jeda. 

Makanya saat verifikasi pemberian piagam, yang dinilai bukanlah konten atau isi tulisannya. Tapi tulisannya apakah beneran ada. 

Andai memosting tulisan orang lain diizinkan demi menjawab #TantanganGurusiana, maka semua dari kita bisa lulus dengan amat mudah. Tanpa perlu susah payah. Tinggal digilir saja, hari ke-1 mengunggah tulisan si A dengan menyebut sumbernya, besok ganti puisi si B, lusa pentigraf si C, dan seterusnya.

Lha kalau begitu caranya, maka target yang ingin kita raih dengan adanya tantangan ini nggak bakalan kena. 

Tadinya saya berpikir mau capture tulisan yang bersangkutan di sini. Tapi, saya menganggap ini aib si penulis yang perlu ditutupi. Dan saya husnuzan yang bersangkutan melakukannya karena belum mengerti. Maka, ya sudahlah... yang penting setelah ini jangan diulangi lagi.

Surabaya, 4 Juli 2020

 

Mohammad Ihsan,

Founder & CEO Gurusiana 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Berusaha menulis karya sendiri. jujur itu membawa kebahagiaan. Terima kasih infonya Pak Komendan.....

05 Jul
Balas

InsyaaAllah ... Bangga dgn tulisan sendiri walaupun tdk ada komen ya yg komen diri sendiri ...

04 Jul
Balas

Setuju banget itu Bu. Kita perlu bangga dengan tulisan sendiri meski sedikit yg membaca.

04 Jul

setuju juga

04 Jul

Setuju, Bu.. walaupun yg ngintip cuma sedikit, tetap yakin.. tulisan kita pasti menemui takdirnya dan pembacanya sendiri..

04 Jul

Hemh, diperlukan kejujuran dalam berkarya. Bukan hanya sekedar kejar target.

04 Jul
Balas

Semoga seluruh rakyat Madangkara ini taat aturan, Komandan. Pelaku, bertaubatlah.

04 Jul
Balas

Berusaha mengeluarkan ide sendiri dengan membaca bahan buku sumber dari luat. Terima kasih pepengingat nya Pak CEO Barokalloh

04 Jul
Balas

Belajar dan bangga dengan tulisan sendiri apapun itu lebih terhormat dari pada memposting tulisan orang lain.hargai penulis karena itu adalah hasil keringatnya.

04 Jul
Balas

Dimaafkan Pak Kumandan...jangan diulang lagi...biar bagus asal tulisan sendiri..(he..he)

04 Jul
Balas

Menulis adalah menuangkan ide sendiri, orisinil, apa pun bentuknya.

04 Jul
Balas

Kumendan dari dulu saat di sono, sampai disini tetap saja sangat bijak dan pangerten

04 Jul
Balas

Bangga dengan hasil karya sendiri

04 Jul
Balas

bapak ibu mohon INFORMASI bagaiaman cara pengajuan piagam. Form isiannya ambil di alamat mana?

04 Jul
Balas

kadang suka heran, apa yang dikejar dari orang tersebut, ambisi? harga diri? atau sekedar hebat bisa tetap menulis walaupun tulisan orang lain yang disadur, dsb? Menulis itu harus dinikmati, harus bermakna, tanya saja pada hati yang paling dalam ketika menulis bukan hasil tulisan sendiri, nyamankah hati? Enakkah perasaan? Yakin pasti tidak bakalan nyaman ! Mari menulis dengan penuh kebahagiaan, hasil imajinasi sendiri agar hasilnya pun betul-betul membuat hati menjadi nyaman !

04 Jul
Balas

Jujur adalah modal hidupWak...wah.. biar hasil nulis belum sempurna, tapi karya pribadi

04 Jul
Balas

Demi sertifikat menghalalkan segala cara...insyaflah guys

04 Jul
Balas

Lebih baik karya sendiri sekalipun sepi pembaca bahkan saya juga ada yang tak disenggol pembaca Pak Komandan. Barakallah. Terima kasih Pak Komandan.

04 Jul
Balas

Semoga kita terpelihara dari godaan yang merugikan.

04 Jul
Balas

Meskipun kurang diminati mungkin karya sendiri belum layak tetapi tetap bangga terus berkarya, yang perlahan namun pasti, karena belajar dan terus mencoba, pada akhirnya tulisan saya khususnya mulai ada yang membaca.tapi saya antipati plagiasi.kalau mengutip tujuannya pun untuk mendukung hasil karya sendiri.

04 Jul
Balas

Semoga kita diberikan kemudahan menulis oleh Allah.

04 Jul
Balas

Semoga kita dijauhkan dari hal2 demikian. Aamiin

04 Jul
Balas

Siap Pak Konandan, ikut aturan kerajaan Madangkara

04 Jul
Balas

Ayo, jujur berkarya! Bangga dengan tulisan karya sendiri!

04 Jul
Balas

Plagiasi boleh jadi karena tidak pede dengan tulisan sendiri atau cari jalan pintas. Minta izin untuk share berarti harus ditulis penulisnya padahal mengirim tulisan ke gurusiana ada penulis yang share kan gak jujur namanya... Wah...Ter...La... Lu...

04 Jul
Balas

Biarpun sedikit, kurang berbobot yang pentIng ide sendiri.

04 Jul
Balas

peringatan bagi kita semua, Alhamdulillah bangga dengan tulisan sendiri ndan walaupun berlemotan, ntar lama kelamaan juga bersih ya ndan

04 Jul
Balas

peringatan bagi kita semua, Alhamdulillah bangga dengan tulisan sendiri ndan walaupun berlemotan, ntar lama kelamaan juga bersih ya ndan

04 Jul
Balas

peringatan bagi kita semua, Alhamdulillah bangga dengan tulisan sendiri ndan walaupun berlemotan, ntar lama kelamaan juga bersih ya ndan

04 Jul
Balas

peringatan bagi kita semua, Alhamdulillah bangga dengan tulisan sendiri ndan walaupun berlemotan, ntar lama kelamaan juga bersih ya ndan

04 Jul
Balas

Tulisanku belum sebagus tulisan gurusianer semuanya, tapi aku bangga dengan karyaku sendiri

04 Jul
Balas

Karya sendiri mempunyai makna yang dalam

04 Jul
Balas

Insya Allah bangga dengan tulisan sendiri walaupun belepotan

04 Jul
Balas

Jujur itu yang utama. Salah satunya dengan belajar menulis hasil karya sendiri

04 Jul
Balas

Namanya masih dalam tahap belajar tentu tulisan kita tidak sebaik para penulis senior, gak apa yang penting karya sendiri, seiring berjalannya waktu Insya Allah tulisan kita akan berangsur baik...yang penting percaya diri dan bangga dengan karya sendiri.

04 Jul
Balas

Terina Kasih peringatannya pal linesman.

04 Jul
Balas

Maaf Salah tulis. Seharusnya pak kumendan.

04 Jul

Insyaallah tulisan sendiri pak ceo, walaupun belum sempurna.

04 Jul
Balas

Astagfirullah, semoga ini tak lagi terualang untuk gurusianer yang lain. jadikan ini sebagai pembelajaran. Kalau kita unggah milik orang lain, kapan kita mengunggah milik kita. Semoga semua anggota MGI yang menulis di gurusiana bisa paham dan mengerti Pak CEO.

04 Jul
Balas

Insya allah tetp tulisan sendiri, meskipun belum sempurna. jujur pada diri sendiri

04 Jul
Balas

Bismillah...masuh bangga dengan karyab sendiri...

04 Jul
Balas

Doain aja yang terbaik semoga kembali pada rambu-rambu Media Guru Indonesia..salam semangat.

04 Jul
Balas

Terimakasih pak, biarlah jelek asal tulisan sendiri

04 Jul
Balas

Berusaha sendiri lebih beda rasanya, meskipun terkadang sering mentok di tengah jalan gak nemu kata yang pas untuk merangkai jadi untaian makna. Belum lagi hanya dibaca sedikit oleh teman, rasanya nano-nano dah.

04 Jul
Balas

Ayo berkarya dengan bangga meski belajar tak mudah membuat coretan pena.. terima kasih untuk selalu mengingatkan

04 Jul
Balas

Belajar memaksakan diri disiplin menulis akan berdampak positif utk peningkatan kompetensi. Terimakasih sudah diingatkan Pak CEO

05 Jul
Balas

Biar bagus atas karya sendiri.

04 Jul
Balas

Yang penting karya sendiri. Biar pun masih jauh dari sempurna dan sedikit yang baca....hhhee

04 Jul
Balas

Lebih baiknkarya sendiri medki tulisannya belum baik. Iya kan pak CEO ?

04 Jul
Balas

Bangga dg hasil sendiri, walau belum bermutu.

04 Jul
Balas

Semoga rakyat gurusiana mematuhinya

04 Jul
Balas

Sebenarnya plagiasi sungguh meresahkan. Apalagi karya kita yang diplagiat. Kemudian di tangan plagiator ternyata lebih terkenal. Rasanya nyeseg banget..

04 Jul
Balas

wow, pentigraf tentang apa itu pak?

04 Jul
Balas

Sungguh bijakasana Pak Kumandan...

04 Jul
Balas

Insyaallah kita taat aturan ndan

04 Jul
Balas

Bangga dengan karya sendiri. Semangat menulis setiap hari.

04 Jul
Balas

Sangat setuju...

04 Jul
Balas

Bangga dengan karya sendiri walaupun apa adanya, itu lebih baik.

04 Jul
Balas

Setuju pak kumendan..harus bangat dengan karya sendiri..

04 Jul
Balas

Semoga lebih baik lagi ke depannya, dalam menulis dengan hasil karya dan kata-kata sendiri walaupun dikritik. Asal karya sendiri. Semoga tidak ada lagi.

04 Jul
Balas

Perlu pengetahuan ttg apa itu plagiasi, mgkin peluang MGI memberikan kuliah pada penduduknya pak CEO.

05 Jul
Balas

Perlu pengetahuan ttg apa itu plagiasi, mgkin peluang MGI memberikan kuliah pada penduduknya pak CEO.

05 Jul
Balas

Perlu pengetahuan ttg apa itu plagiasi, mgkin peluang MGI memberikan kuliah pada penduduknya pak CEO.

05 Jul
Balas

siap pak..

04 Jul
Balas

siap pak..

04 Jul
Balas

siap pak..

04 Jul
Balas

Meski tak sebagus tulisan gurusianer lain sy cukup bangga dg tulisan sndiri

04 Jul
Balas

Bahasa yang halus ya pak komandan.

04 Jul
Balas

Duuuh ya ada ada saja

04 Jul
Balas

Semoga semua anggota MGI bisa kembali memahami arti tantangan menulis di gurusiana ini, Kumendan.

04 Jul
Balas

Selalu Bangga dengan Kemampuan Sendiri...Insyaa Allah selalu istiqomah

04 Jul
Balas

Selalu Bangga dengan Kemampuan Sendiri...Insyaa Allah selalu istiqomah

04 Jul
Balas

Walaupun tak sekeren karya sang maestro, namun karya sendiri tetap menyimpan makna tersendiri. Semoga tetap bisa konsisten.

04 Jul
Balas

Tidak harus istimewa, asal itu karya sendiri yang harus kita Banggai. Menurut saya sih,,, hihihi

04 Jul
Balas

Berani jujur, bukti dia pengen maju, mungkin belum tahu aturannya.

05 Jul
Balas

Setujuuu, pak CEO...

05 Jul
Balas

insha Allah bisa jujur .dan bangga dengan tulisan sendiri

05 Jul
Balas

Orangnya harus dijapri pak kumendan , klo dibiarkan bisa merajalela.dia tidak tau klo dirinya diketahui nyuri karya org lain.Dulu sy juga pernah kirim puisi ke media suara merdeka.dan karya yg tidak dimuat itu ternyata ada yg mengirim dan termuat.sy juga sedih kok.

04 Jul
Balas

kalau saya nulis resume atau reportase hasil webinar/diklat/seminar onlen pakai hasil pemikiran sendiri boleh kan pak haji. atau kalaupun copas materi bentuknya kutipan, lalu ada penjelasan kesan2 sendiri di artikel

04 Jul
Balas

Semoga bisa menulis dan berkarya dengan hasil pikiran sendiri.Itu lebih berkah

05 Jul
Balas

Setuju

04 Jul
Balas

ondeh.. kok taak malu ya...

04 Jul
Balas

We la dalah, semoga khilafnya menjadi pengalaman untuk perbaikan ke arah yg lebih baik dan konsisten

04 Jul
Balas

We la dalah, semoga khilafnya menjadi pengalaman untuk perbaikan ke arah yg lebih baik dan konsisten

04 Jul
Balas

Semoga tidak terjadi lagi.

04 Jul
Balas

Semoga kembali ke jalan yang benar.

04 Jul
Balas

Kalo di bawah tulisan yg diposting mencantumkan sumber tulisan, mungkin itu bkn termasuk plagiasi ya pak komandan.Soalnya tgl 3 kemarin sy posting ttg menilik sejarah taman siap, ada satu paragraf yg sy ambil dr wikipedia, sy cantumkan sumbernya.sbg angota baru liat tulisan komandan jd deg degan, takutnya tulisan sy termasuk plagiat.mhon pencerahan komandan

05 Jul
Balas

Semoga tidak terulang lagi

04 Jul
Balas

Harus bangga dengan tulisan dan karya sendiri.. Mantap Pak Kumendan.. Menutup Aib Gurusianer, mudah2an jadi pelajaran dan tidak di ulangi lagi..

04 Jul
Balas

berusaha yang terbaik. dalam kemampuan pribadi saya

04 Jul
Balas

kalau di negara maju, e.g Inggris atau Amerika, sudah kena pasal dan masuk penjara

04 Jul
Balas

Beliau mengakui bhw itu bukan tulisannya, berarti bkn plagiasi dong ya... beliau tidak tau mgkn, bhw di sini hrs murni tulisan sendiri

04 Jul
Balas



search

New Post