Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Senjata Rahasia Bernama GURUSIANA
#TantanganGurusiana: 30 Hari Menulis di Gurusiana

Senjata Rahasia Bernama GURUSIANA

Dulu, di awal peluncuran Blog Gurusiana, saya pernah memprediksi bahwa Gurusiana bakal menjadi kunci sukses MediaGuru melahirkan banyak guru penulis di Indonesia. Gurusiana merupakan senjata rahasia keberhasilan MediaGuru. Kok bisa begitu?

Orang pandai menulis itu kan nggak ujug-ujug atau datang otomatis, disebabkan adanya bakat bawaan atau faktor keturunan. Tapi karena banyak berlatih, berlatih, berlatih, sering latihan, latihan, dan latihan.

Meski ayah dan ibu serta jalur nasab ke atas semuanya penulis, kalau seseorang nggak pernah dilatih, ya nggak bisa menulis. Begitu juga yang dikatakan bakat. Jika tidak dirangsang, ya nggak keluar itu potensi dan kemampuan menulis seseorang. Jadi, penentunya ya adanya latihan itu.

Maka, saat MediaGuru mulai gencar mengadakan pelatihan, yang urgen harus ada ya sarana untuk berlatih menulis. Itulah mengapa di dalam pelatihan MediaGuru, porsi terbanyak ya praktik menulis itu. Teori menulis bisa diberikan sambil berjalan. Yang penting pokoknya langsung menulis dulu.

Ini seperti menggerakkan mobil. Kalau mobilnya sedang mogok, perlu tenaga ekstra kuat untuk mendorongnya. Tapi ketika mobil mulai berjalan, cukup sentuhan tangan pada kemudi bisa mengarahkan mobil bergerak ke mana saja kita mau.

Masalahnya setelah acara pelatihan bubar, peserta pulang ke rumah masing-masing. Pelatih nggak bisa mendampingi mereka secara langsung seperti di ruangan pelatihan. Di situlah muncul ide perlunya blog khusus yang kemudian kami beri nama Gurusiana. Dengan adanya blog ini, peserta bebas menulis dari tempat tinggal masing-masing. Sementara tim pelatih bisa leluasa memantau progres kemajuan peserta dengan membaca blog mereka.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, sekarang Gurusiana benar-benar telah memerankan fungsinya sebagai rumah yang nyaman bagi guru menulis. Tema tulisannya apa saja, terserah. Pokoknya membiasakan diri menulis dulu. Kalau sudah terbiasa, gampang diarahkan, mau menulis apa, yang benar bagaimana, dan seterusnya.

Adanya Tantangan 30 Hari Menulis di Gurusiana yang dimulai 15 Januari lalu, membuat para gurusianer (sebutan penulis Gurusiana) semakin aktif menulis. Bahkan dibarengi dengan disiplin tinggi karena ada deadline ketat yang harus dipatuhi, yaitu fokus menghasilkan minimal satu tulisan setiap hari.

Melalui proses pembiasaan yang baik ini, insya Allah kemampuan menulis para gurusianer semakin meningkat. Ini juga alasan utama mengapa kami mendorong peserta pelatihan segera memiliki akun Gurusiana.

Setelah punya akun, ikutilah #TantanganGurusiana yang keren menewen ini.

Surabaya, 12 Februari 2020

#TantanganGurusiana (hari ke-29)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Gurusiana memang OYE

13 Feb
Balas

Mantap abis lah pokok nya

13 Feb
Balas

Sy punya blog ini sdh 1 th, baru aktif ya sebulan ke belakang. Matur nuwun pak Ihsan tlh mempertemukakan dg guru" hebat di Nusantara

14 Feb
Balas

Dan saya telah mengadopsi model latihan menulis seperti ini di kelas ekstra jurnalistik sekolah kami. Progresnya sangat luar biasa. Anak2 jadi terbiasa menulis.Terima kasih Gurusiana. Kau benar2 menjadikan aku sebagai seorang guru yang seharusnya.

14 Feb
Balas

SalutManajemen jitu Saya mulai terpengaruh ...Walau sebenarnya sudah sejak pertama mengenal sagusabu, hingga digiring ke FB MGI dan berlanjut ke Gurusiana.Pikiran saya saat ini, bagaimana saya bisa menjadikan langkah ampuh ini untuk saya terapkan dalam manajemen sekolah saya yang kecil dan jauh di pelosok.Saya ingin, anak didik dan para guru di sekolah saya bisa saya giring tanpa merasa terpaksa seperti halnya Pak Komendan menggiring kami untuk terus punya semangat dalam menulisPokoknya the bestlah...Keren menewen

13 Feb
Balas

Alhamdulillah bersyukur bisa bergabung di MGI dan gurusiana.Terimakasih pak,sudah memberikan motivasi.Alhamdulilah saya semakin candu menulis, walaupun kadang merasa tulisan saya jauh dari sempurna.

13 Feb
Balas

Keren... Pak masya Allah... Merinding Saya... Apalagi di facebook MG Saat Saya bergabung 48.000 dalam kurun waktu dua tahun dan sekarang Sudah 60.000an Mantaaap... Bismillah

13 Feb
Balas

Terima kasih Bapak, InsyaAllah akan istiqamah

13 Feb
Balas

Keren menewen top markotop

13 Feb
Balas

Mantap saya yang termasuk menulis bukan ujug ujung.

13 Feb
Balas

Besar pengaruhnya buat saya pribadi

13 Feb
Balas

MGI itu maskapainya Gueusiana itu pesawatnya kebalikkah Pak CEO?

14 Feb
Balas

Gurusiana memang oke....Terimakasih pak....

13 Feb
Balas

Matur suwun

13 Feb
Balas

Terimakasih untuk kesempatan bisa bergabung dengan Blog Gurusiana. semoga makin jaya, gurugurunya makin bersinar

13 Feb
Balas

Bau sepekan ini memberanikan diri menulis di gurusiana.Belum ada buku yang bisa diterbitkan.tapi nekad saja tulis, tulis dan tulis.Terima kasih Pak , telah menginspirasi banyak orang untuk menulis

13 Feb
Balas

Memang mangkus Pak. Tanpa gurusiana aku takkan beranjak dari zona nyaman. Merasa puas saja dengan karya satu buku. Salah menterjemahkan SaGuSaBu... he.. he..

12 Feb
Balas

Lanjutkan....

13 Feb

Keren....

13 Feb
Balas

Terimakasih ilmunya pak CEO

13 Feb
Balas

keren menewen ... alhamdulillaah, lolos juga jadi gurusianer biru hari ini. terima kasih

13 Feb
Balas

Terjebak di gurusiana...komitmen menulis....meskipun ruh nya msh gentayangan..

15 Feb
Balas

Luar biasa bpk

13 Feb
Balas

Gurusiana luar biasa

13 Feb
Balas

Alhamdulillah... saya berada di gerbong gurusiana... melecut diri... membangun semangat menulis...Terima kasih tantangannya pak CEO Muhammad Ihsan... Teruslah menginspirasi... teruslah memotivasi kami...salam sehat dan sukses slalu pak Komandan...

13 Feb
Balas

Benar sekali Pak CEO...ada bakat, kalau tidak dilatih ya tidak terbiasa juga menulis..keren Pak CEO

13 Feb
Balas

Jiaaaaan, keren menewen tennan!

15 Feb
Balas

Sukses selalu untuk mediaguru!

13 Feb
Balas

Terima kasih ya...

13 Feb

Betul sekali......

13 Feb
Balas

Saya terlanjur cinta mati dengan mu.... Gurusiana

13 Feb
Balas

Kerja cerdas hasilnya luar biasa

13 Feb
Balas

Makasih ya....

13 Feb

Sama2, nDan.

13 Feb

Menulis dan menulis. Dan akhirnya seperti candu. Terima kasih pak Ihsan.

13 Feb
Balas

Alhamdulillah... lanjutkan menulis..

13 Feb

Mantap pak...terlatih terus untuk menulis...sekedar iseng jadi serius

13 Feb
Balas

Pokoknya keren pak, sekarang jadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, HP dijadikan alat dokumentasi untuk mengabadikan suatu kejadian, lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan

13 Feb
Balas

Jadi kerajinan nulis di gurusiana, dan inginnya nulis terus tanpa henti.

23 Feb
Balas

Selamat akhirnya menemukan manis dari sebuah perjuangan. Salam kreatif dan salam karya yang menginspirasi

12 Feb
Balas

Terima kasih.. Barakallah.

13 Feb

mari riangkan hati dengan tetap menulis

13 Feb

Keren pa. Terimakasih atas motivasinya

14 Feb
Balas

Mantap pak

13 Feb
Balas

Terima kasih Pak atas motivasinya. Awalnya saya kurang PD mau gabung di gurusiana. Sy merasa tidak mampu menulis buku. Ternyata menjadi menyesal juga krn terlambat. Temanteman sudah hebaaat dan saya mdh jalan di tempat.

13 Feb
Balas

Ramai dalam sepi.. Mengurangi suara, memperbanyak kerja jari.. Menulis..

13 Feb
Balas

Salam kenal Pak Mohammad Ihsan.

13 Feb
Balas

salam kenal kembali..

13 Feb

Virus menulis mulai kusebar di sekolah

13 Feb
Balas

Mantap... lanjutkan. Terima kasih ya..

13 Feb

Emang keteen menewen ..smg Barokkah.. Aamiin

13 Feb
Balas

Terimakasih pak,wa kami penuh dengan Gurusiana, menulis menulis dan menulis

13 Feb
Balas

Mantap Pak...Saya baru daftar ini...selanjutnya bagaimana?

13 Feb
Balas



search

New Post