Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
GROBOGAN GAK GITU-GITU AJA
Ruangan acara Diklat Penulisan Buku

GROBOGAN GAK GITU-GITU AJA

Merinding. Dada saya langsung bergetar. Menyaksikan pemandangan di foto ini, tadi malam (9/2). Belum pernah saya jumpa di manapun, di seluruh Indonesia. Ada gerakan literasi di tingkat kota/kabupaten, semasif yang ada di Grobogan Jateng ini. Kepala Dinas Pendidikan, Mas Bos Amin Hidayat, memang seorang pemimpin visioner. Inovasinya memajukan pendidikan sejalan dengan visi besar Bupati mewujudkan Grobogan Kabupaten Literasi. Duet kepemimpinan yang klop. Tumbu ketemu tutup. Bu Sri Sumarni, bupati energik penerima Anugerah Tokoh Penggerak Literasi Nasional 2019, memang dikenal sebagai komandan yang tangguh. Mungkin dipadu dengan sisi kelembutannya sebagai seorang ibu, beliau sangat konsen memajukan dunia pendidikan. Bidang yang bisa menjadi faktor kunci kemajuan sebuah daerah. Kami di MediaGuru merasa terhormat diajak bersinergi dan berkolaborasi memajukan Kabupaten Grobogan. Sekaligus tentu saja sangat tertantang, karena ini bakalan menjadi perjuangan yang berat tapi menyenangkan. Berada di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, saya menyempatkan ngintip ruangan acara. Saat petugas hotel masih sibuk bekerja. Deg. Dada saya tiba-tiba bergetar hebat. Ini sangat-sangat keren menewen. Ruangannya besar dan mewah. Kapasitasnya sangat banyak. Dan di depan, ada backdrop jumbo super gagah, bertuliskan: Diklat Penulisan Buku "Satu Kepala Sekolah Satu Buku". Lengkap dengan foto Ibu Bupati Grobogan, Bapak Kepala Dinas Pendidikan, dan satu lagi siapa itu ya? Dari jauh kok kelihatan seperti foto saya? Ah.. saya jadi GR, hehe... Bersama Mas Eko Prasetyo (Pemred MediaGuru), saya akan memulai petualangan hebat, pagi ini. Insya Allah. Saya yakin dan optimis, kalau begini caranya, Gerakan Seribu Penulis Grobogan yang akan dicanangkan Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan, insya Allah bisa terealisasi dengan singkat. Dan itu bisa menjadi batu fondasi yang kokoh dalam memajukan literasi di Grobogan. Kalau kepala sekolah yang super sibuk bisa menulis buku, apalagi guru dan siswanya. Jika itu sudah tercapai, number-nya bukan hanya seribu penulis. Naik berlipat-lipat, dalam waktu cepat. Apalagi jika nanti dalam program 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai, yang dibaca buku karya kepala sekolah, guru, atau siswa di sekolahan itu, yakinlah Grobogan bakal panen raya. Penulis baru bakal terus bermunculan. Grobogan bisa menjadi contoh bagaimana sebuah kabupaten/kota sukses mengembangkan literasi di daerahnya. Saat itu sudah terwujud, di setiap roadshow ke seluruh Indonesia, mungkin saya akan berbisik agar bupati/walikota atau Kadisdik yang biasanya hadir membuka kelas MediaGuru untuk meniru Grobogan. Bravo, Grobogan. Saya baru ngeh sekarang. Tagar yang sering ditulis Mas Bos Kadisdik dalam Facebook-nya memang menunjukkan hasrat yang diinginkannya. Yaitu: #GroboganGakGitu2Aja. Bismillah. Grobogan, 10 Februari 2020 #TantanganGurusiana (hari ke-27)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ikut bangga sbg wong Jateng, hehehe...

10 Feb
Balas

Manabs Grobogan Keren Menewen karena sentuhan Media Guru

10 Feb
Balas

Barakallah.Sukses selalu.Aamiin.

10 Feb
Balas

Barakallah.Sukses selalu.Aamiin.

10 Feb
Balas

Barakallah.Sukses selalu.Aamiin.

10 Feb
Balas

Kapan ya kota saya bisa seperti itu juga, semoga ya. aamiin

10 Feb
Balas

Kapan kota saya bisa seperti itu juga ya? semoga ya, aamiin

10 Feb
Balas

Sukses selalu.

10 Feb
Balas

Sukses sll bpk...

10 Feb
Balas

Good

10 Feb
Balas

Hebat bupatinya, mudah mudahan bupati Kerinci juga akan begitu. Amiiiin

10 Feb
Balas

Terima Kasih Komandan, tulisannya sangat memotivasi kami#GroboganGakGitu2aja

13 Feb
Balas

Ibu Bupati yang Keren, Ide ide segarnya ngetune dengan Program MGI, Master CEO, memang punya jurus NEGOSIASI yang mumpuni. Slogan " Grobogan nggak gitu gitu aja" tentu saja, setiap langkah geraknya haris selalu inovatif, SALUT buat MGI, SALUT buat Ibu BUPATI...

10 Feb
Balas

Alhamdulillah semoga Bupati saya tergerak.. insyaallah akan kami coba untuk kabupaten Kudus Pak lhsan...

10 Feb
Balas

Alhamdulillah semoga virusnya bisa nular ke kab.lain

10 Feb
Balas

Sukses full

11 Feb
Balas

Ingin memberitahu kegiatan Tantangan kita ini ke pak Kadis, tapi apa di respon beliau ngak ya, dan bagaimana caranya. Mohon pencerahan pak Ihsan

10 Feb
Balas

semoga lancar pak acara nya, terbang melaju bersama para penulis

10 Feb
Balas

Selamat dan sukses selalu buat Pak Bos! Salam literasi!

11 Feb
Balas

Alhamdulillah, grobogan daerah yang oatut contoh, sentuhan Media Guru sudah merasuk di grobogan. Semoga semakin sukses.Semoga Daerahku bisa mengikutinya, aamiin..

10 Feb
Balas

Alhamdulillah. Virus Gurusiana semakin ganas.

10 Feb
Balas

Alhamdulillah, bs dijadikan inspirasi buat yg lain

10 Feb
Balas

Sukses Pak

10 Feb
Balas

Sukses selalu Pak Ihsan! Semoga bisa ditiru kabupaten2 lain.

10 Feb
Balas

Semoga bisa meniru Kabupaten Grobogan

10 Feb
Balas



search

New Post